أنه أخبر تصريحا على الوجه الذي لا يقبل التأويل أن سيد الوجود صلى الله عليه وسلم أخبره يقظة بأنه هو الختم المحمدي المعروف عند جميع الأقطاب الصديقين بأنه لامقام فوقه في بساط المعرفة بالله
"Bahwasanya Syekh Ahmad Attijani menceritakan dengan jelas. tanpa adanya (kemungkinan) ta'wil, bahwasanya Rasulullah SAW mengkhabarkan kepadanya dalam keadaan jaga /tidak tidur, bahwa sesungguhnya dia (Syekh Ahmad Attijani) itu adalah WALI KHATMI golongan ummat Nabi Muhammad Saw yang kedudukannya itu tidak ada yang melebihi beliau "dalam keluasan ilmu ma'rifat kepada Allah SWT" Dan hal in diketahui oleh semua wali aqthab yang
siddiqin
Itulah yang maksud dengan ( ختم الأولياء ) atau yang lazim disebut dengan wali khatmi itu.
Adapun WALI KHATMI menurut pendapat Ibnu Arabi sebagaimana tersebut dalam kitab Futuhatul Makiah bab 73 soal ke 13 , berikut ini penjelasan beliau :
ومن يستحق " خاتم الأولياء " كما يستحق محمد صلى الله عليه وسلم خاتم النبوة ؟ الجواب : الختم ختمان
1: ختم يختم الله به الولاية
٢: وختم يختم الله به الولاية المحمدية
فاما ختم الولاية على الإطلاق فهو عيسى عليه السلام .......الخ. وأما ختم الولاية المحمدية فهي لرجل من العرب من أكرمها أصلا ويدا وهو في زماننا موجود عرفت به سنة خمس وتسعين وخمسمائة (٥٩٥) ورأيت العلامة التي له قد أخفاها الحق فيه عن عيون عباده وكشفها اِلَىَّ بمدينة فاس حتى رأيت خاتم الولاية منه ، وهو خاتم النبوة المطلقة لا يعلمها كثير من الناس .
"Siapakah orang yang berhak menduduki makam Khatmul Aulia, seperti berhaknya Muhammad SAW sebagai Khatmul Anbia?.
Jawab; Wali Khatmi itu terbagi dua:
1 : Khatmul Wilayah (wali khatmi) yang allah khatamkan kewalian ummat Nabi Muhammad SAW itu kepadanya secara umum.
2 : Khatmul Wilayah (wali khatmi) yang Allah SWT khatamkan kewalian ummat Nabi Muhammad Saw kepada dirinya secara khusus.
A. Khatmul wilayah mutlak dan bersifat umum dijabat oleh Nabi Isa AS (setelah turun kedunia nanti).
B. Khatmul wilayah mutlak dan bersifat khusus dijabat oleh "seseorang" berkebangsaan Arab, yang termulia nisbah keturunannya maupun nisbah derajatnya. Itulah yang dimaksud dengan Khatmul Wilayah (wali khatmi) dalam pandangan Ibnu Arabi.
Alhasil menurut Ibnu Arabi arti dari Khatmul Wilayah itu adalah : Penutup ketinggian Pangkat Kewalian ummat Nabi Muhammad Saw.
Ibnu Araby mengistilahkan Khatmul Aulia ini dengan Wilayah Asy Syamsiah (Wali yang memancarkan limpahan). Seperti sifat matahari yang memancarkan limpahan cahaya.
Adapun wali-wali lainnya beliau istilahkan dengan Wilayah Al Qamariah (wali-wali yang menerima limpahan), seperti sifat bulan yang menerima limpahan sinar dari matahari.
وولايته هي المسماة بالولاية الشمسية
وولاية سائر الأولياء تسمى بالولاية القمرية
لأنها مأخوذة من ولايته مستفيدة منها كنور القمر من الشمس
"Adapun pangkat kewaliannya (khatmul aulia) itu dinamakan (pula) dengan Matahari Kewalian,
sedangkan wali-wali lainnya itu dinamakan dengan Bulan Kewalian,
karena kewalian para wali-wali itu ibarat bulan yang selalu menerima cahaya limpahan dari Kewalian Matahari. Seperti bulan mengambil cahaya dari matahari".
Lihat skema berikut ini :
خاتم الأنبياء محمد صلى الله عليه وسلم
Memberi madad kepada
الأنبياء والرسل
Dua kedudukan diatas memberikan madad kepada
خاتم الأولياء – ولاية الشمسية - شمس الأولياء وختم المغرب
Memberikan madad kepada semua para wali2
جميع الأولياء - ولاية القمر
Ini juga termasuk karunia yang Allah berikan kepada wali yang di kehendaki-Nya. Dan (penganugerahan seperti) ini merupakan hak prerogative Allah. Allah berhak untuk menjadikan apapun menurut keinginan-Nya dan menganugerahi sesuatu kepada siapapun yang di kehendaki-Nya.
Tentang Khatmul Aulia Ibnu Arabi ( Syekh Muhyiddin ibnu arabi) mengarang sebuah kitab yang berjudul :
عنقاء مغرب
في معرفة ختم الأولياء وشمس المغرب
#Cahaya kenabian dibumi hijaz dan cahaya kewalian di bumi maghribi
#carilah madad dan cahaya kerohanian di sebelah ufuk Barat di akhir zaman
Tiada ulasan:
Catat Ulasan